(2) Mengapa Harus Segera Kembali Ke Al Quran?

By SastrawanBatangan

15 Januari 2009

Category: Kembali Ke Al Quran

2 Comments »

Manusia termulia adalah yang paling takwa. Manusia akan dimintai pertanggung jawaban

  • Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki2 dan seorang perempuan dan menjadikan kamu ber-bangsa2 dan ber-suku2 supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (QS.49:13)
  • Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur. (QS 16:78). Dan janganlah kamu mengikuti apayang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya (QS 17:36) (QS. 75:36)
  • Dan kalau Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikan kamu satu umat (saja), tetapi Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan sesungguhnya kamu akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan. (QS 16:93) .
  • (Ingatlah) suatu hari (ketika) tiap-tiap diri datang untuk membela dirinya sendiri dan bagi tiap2 diri disempurnakan (balasan) apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka tidak dianiaya (dirugikan) (QS 16:111)
  • Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan (QS 24:24)
  • Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan (QS 36:65).
  • Kamu sekali2 tidak dapat bersembunyi dari persaksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu terhadapmu bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan (QS 41:22)
  • Barang siapa yang berbuat sesuai dengan hidayah (Allah), maka sesungguhnya dia berbuat itu untuk (keselamatan) dirinya sendiri; dan barang siapa yang sesat maka sesungguhnya dia tersesat bagi (kerugian) dirinya sendiri. Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan mengazab sebelum Kami mengutus seorang rasul(QS 17:15) (QS 53:38-39)

Al Quran diturunkan sebagai pedoman manusia agar mulia tetapi kebanyakan tidak mau memahami sehingga menyesal

  • Sesungguhnya telah kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab2 kemuliaan bagimu. Maka apakah kamu tiada memahaminya? (QS.21:10)
  • Kitab yang dijelaskan ayat2nya, yakni bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui, yang membawa berita gembira dan yang membawa peringatan, tetapi kebanyakan mereka berpaling (daripadanya); maka mereka tidak (mau) mendengarkan. (QS 41:3-4)
  • maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada. (QS.22:46)
  • Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Qur’an), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan) maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.(QS 43:36)
  • Dan barangsiapa yang berpaling dari peringatanKu, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”. Berkatalah ia: “Ya Rabbku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya seorang yang melihat?”. Allah berfirman: “Demikianlah, telah datang kepadamu ayat2 Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari inipun kamu dilupakan”. Dan demikanlah Kami membalas orang yang melampaui batas dan tidak percaya terhadap ayat2 Rabbnya. Dan sesungguhnya azab di akhirat itu lebih berat & lebih kekal (QS.20:124-127).
  • Dan mereka berteriak di dalam neraka itu: “Ya Rabb kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan“. Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? maka ra-sakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang2 yang zalim seorang penolongpun (QS.35:37), (QS4:18;63:10, dll)

Mati bisa terjadi kapan saja.  Segera jadikan Al Quran sebagai pedoman

  • Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang2 yang bertakwa, (QS 3:133). mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan2, dan merekalah orang2 yang segera memperolehnya(QS 23:61).
  • Kitab (Al-Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa(QS.2:2), Al Qur’an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini. (QS 45:20) .
  • ….Al Qur’an itu bukanlah cerita yang di-buat2, akan tetapi membenarkan (kitab2) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman (QS.12:111)
  • Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur’an? Kalau kiranya Al Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.(QS 4:82)
  • Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al-Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia ber-kata kepada manusia : “Hendaklah kamu menjadi penyembah2ku bukan penyembah Allah”. Akan tetapi (dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi orang2 rabbani,karena kamu selalu mengajarkan Al-Kitab & disebabkan kamu tetap mempelajarinya. (QS.3:79)

2 Responses to “(2) Mengapa Harus Segera Kembali Ke Al Quran?”

  1. Terima kasih dan mohon maaf sebelumnya.
    Salam selamat sejahtera semoga dilimpahkan ke semua makhluk khususnya kepada anda dan keluarga serta semua makhluk di NKRI, semoga Allah selalu meridhoi kita semua.
    Saya sangat berterima kasih atas dukungan dan info yg anda berikan. Ini pembelajaran bagi saya dan semoga semua orang dapat belajar dari anda serta dapat menyerahkan segala urusannya kepada Allah, seperti anda (QS. 3:109, 8:44, 2:210, 42:53, 35:4, 31:22, 22:41, 57:5)
    Salam untuk semua.

  2. Dan semoga Tuhan Semesta Alam melindungi kaum mukminin dan bangsa Indonesia dari godaan serta bisikan syaitan dan iblis yang terkutuk. Selamat berkarya dan jangan segan-segan kirim pengalamnnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: